Fans Jepang Mengagumkan, Bersihkan Sampah Stadion Usai Pertandingan

  • Share
Suporter Jepang bersih-bersih stadion usai pertandingan Jepang lawan Jerman.

Exposenews.id, Doha – Timnas Jepang tampil mengagumkan saat melawan Jerman di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) kemarin. Mereka mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah tertinggal 0-1 di babak pertama.

Tidak hanya para pemain yang mampu mencuri perhatian pecinta sepakbola dunia. Tapi juga pendukung Jepang yang menyaksikan pertandingan tersebut di stadion.

Suporter Jepang bukan cuma tahu mendukung negaranya saat bertanding, namun juga sampai membersihkan sampah-sampah di stadion seusai pertandingan.Kebiasaan ini menuai banyak pujian.

Plastik biru muda keluar dari saku dan tas penonton. Fans Jepang memunguti sampah yang tercecer di sekitar mereka. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, jajaran plastik biru mulai terlihat di bangku-bangku stadion.

Pada pembukaan Piala Dunia Qatar 2022, warga Jepang sudah jadi sorotan. Kebiasaan mereka untuk membersihkan sampah setelah pertandingan sempat bikin warga Qatar heran.

Namun bagi mereka, bersih-bersih tempat setelah digunakan, termasuk di stadion, merupakan kebiasaan. Saat Piala Dunia Rusia 2018 lalu pun demikian. Orang Jepang masuk pemberitaan karena bersih-bersih di stadion.

“Samurai Biru mendapat pujian di Qatar atas tradisi di luar lapangan yang tampaknya khas Jepang: Membersihkan stadion setelah penggemar sepak bola lainnya pergi,” tulis Al-Jazeera.

“Stadion penuh, tribune biasanya dikotori dengan baki dan bungkus makanan bekas serta cangkir minuman kosong ditinggalkan. Tapi tidak saat fans Samurai Biru di sana,” tulis BBC.

Saking kagumnya, BBC sudah menetapkan fans Jepang sebagai pemenang di hati banyak orang.

“Jika nanti mereka (Jepang) tidak memenangkan Piala Dunia Qatar 2022, pendukungnya sudah menjadi pemenang,” lanjut BBC.

Media lain seperti ESPN pun setuju. Fans Jepang adalah yang terbaik.

“Mereka adalah tamu yang sempurna,” tulis ESPN.

(RTG)

 

banner 120x600
  • Share