Hasil Swab Antigen Penumpang KM Sinabung, 50 Orang Positif COVID-19

  • Share
Pemeriksaan antigen penumpang KM Sinabung. Foto Polres Bitung.

Exposenews.id, Bitung – Pemeriksaan swab antigen bagi penumpang kapal yang baru tiba di Pelabuhan Samudera Bitung terus dilakukan Dinas Kesehatan dengan KKP Bitung. Hasilnya pun mengejutkan seperti yang terjadi pada Minggu (13/2/2022), di mana didapati 50 penumpang kapal KM Sinabung positif COVID-19.

Kasi Humas Polres Bitung, AKP Hermanses Juda Katiandagho saat dikonfirmasi mengatakan Polres Bitung dan Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung, melaksanakan pengamanan kegiatan Swab Antigen yang digelar Dinas Kesehatan Pemkot Bitung dan KKP Bitung tersebut dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kota Bitung.

“KM. Sinabung tiba di Pelabuhan Samudera Bitung menurunkan penumpang sebanyak 285 orang yang seluruhnya dilakukan Swab Antigen di lokasi Pelabuhan,” kata Kasi Humas, AKP Hermanses Juda Katiandagho, Senin (14/2/2022).

Dari hasil pelaksanaan Swab Antigen tersebut sebanyak 235 orang dinyatakan negatif sedangkan 50 orang lainya dinyatakan reaktif positif.

“50 orang penumpang kapal yang dinyatakan reaktif positif Covid-19 tersebut selanjutnya dibawa ke RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid-19) Kota Bitung untuk selanjutnya dilakukan tes PCR,” ujar Hermanses.

Kegiatan pengamanan ini kata dia akan terus dilakukan setiap jadwal kedatangan penumpang kapal di wilayah kota Bitung dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, KKP Bitung, TNI, dan KSOP.

“Untuk penumpang warga kota Bitung yang dinyatakan positif atau terkonfirmasi langsung diarahkan ke RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid-19) Kota Bitung sedangkan untuk di luar warga kota Bitung langsung dijemput oleh Dinas kesehatan wilayahnya masing-masing,” ucap Kasi Humas.

“Jika warga penduduk di luar Sulawesi Utara, sementara akan ditampung di RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid-19) Kota Bitung menunggu dijemput oleh Dinas kesehatan wilayahnya,” tukasnya.

(RTG)

 

banner 120x600
  • Share