BPN Manado Masuk Target 100 Hari Kerja AHY

Kepala BPN Manado Alexander Wowiling bersama dengan jajaran.
banner 120x600

Exposenews.id, MANADO – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Manado masuk dalam target 100 hari kerja Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Untuk di Sulut sendiri, hanya BPN Manado yang masuk dalam target itu.

“Di Rakernas yang dihadiri AHY, Pak Menteri menetapkan 104 kantor pertanahan untuk mendukung program 100 hari kerjanya,” kata Kepala Kantor BPN Manado, Alexander Wowiling, Minggu (21/4/2024).

Dijelaskan Alexander ada 3 program yang dimintakan Menteri AHY. Pertama yaitu, BPN Manado harus meraih gelar Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dalam menjalankan zona integritas.

“Kedua melaksanakan pelayanan digitalisasi, dan ketiga yaitu kota lengkap. Kota lengkap ini kita sangat butuh dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah,” ujar Alexander kepada Exposenews.id.

Alexander bilang pihaknya membuat SK Pokja dan evaluasi rencana dari ketiga kegiatan tersebut. Sementara untuk kota lengkap masih menunggu anggaran tambahan agar terpenuhi tepat waktu.

“Yang dimaksud kota lengkap ini adalah seluruh bidang tanah sudah terpetakan dan memiliki nomor induk bidang (NIB). Tapi NIB ini bukan langsung kita interpretasi dgn hak kepemilikan melainka semua bidang tanah akan kita petakan tanpa overlap dan jab, dan masing-masing bidang memiliki NIB,” terangnya.

Menurutnya, bila semua bidang tanah sudah terpetakan akan membantu masyarakat dalam hal pengurusan hak. Pemerintah daerah juga akan sangat terbantu dalam menentukan NJOP atau investasi ke depan.

“Ini menjadi prioritas kementerian agar supaya dengan adanya kota lengkap, maka layanan digitalisasi akan sangat mudah tercapai, semua mudah terjangkau dengan internet,” pungkasnya.

(RTG)