Hadapi Covid, Ketua Komisi IX DPR RI Diminta Jangan “NATO”

banner 120x600
Ketua Komisi IX DPR RI, Felly E. Runtuwene. Foto: Ronald Ginting 

Oleh: Ronald Ginting

Exposenews.id, Manado – Kasus positif covid di Sulawesi Utara mendekati 1.100. Penambahan per harinya pun masih terus terjadi hingga hari ini.

Kondisi ini harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk di dalamnya perwakilan Sulawesi Utara di DPR RI. Apalagi yang bersentuhan langsung dengan sektor kesehatan, dalam hal ini Komisi IX.

Diketahui, Ketua Komisi IX DPR RI pada saat ini dijabat oleh legislator asal Sulut, Felly Runtuwene. Terkait hal ini, sejumlah pihak mengkritisi kinerja Felly Runtuwene dalam penanganan covid-19.

Seperti yang disampaikan Fumiko Rorong, Direktur Sulut Political Institute. “Sebagai anggota dewan, seharusnya Ibu Felly mengimbangi kritikannya dengan kinerja yang baik. Sebab kecakapan kinerja bukanlah dilihat dari seberapa banyak kritikan dilontarkan, namun seberapa banyak kerja yang sudah dilakukan terutama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Fumiko, Senin (29/6).

Disebutkan Fumiko bahwa pada saat ini masyarakat Sulut menghendaki kerja yang real dari wakilnya di DPR RI, supaya masyarakat bisa survive menghadapi covid ini. “Sekarang ini masyarakat sudah bisa menilai wakilnya yang benar-benar bekerja. Jangan sampai masyarakat mengatakan kepada perwakilannya yang tak kerja dengan sebutan NATO (No Action Talk Only),” tambahnya.

“Saya mengusulkan agar Ibu Felly bisa memperhatikan peralatan yang digunakan tim medis di sejumlah rumah sakit. Contohnya ventilator bisa ditambah,” sambungnya lagi.

Senada dengannya, Direktur Eksekutif TAC (Tumbelaka Academic Center) Taufik Tumbelaka memaparkan, jumlah pasien positif covid-19 di Sulut relatif sangat tinggi, dikarenakan jumlah penduduk Sulut tergolong sedikit, sekitar 2,6 juta jiwa. Untuk itu perlu perhatian khusus dari semua pihak termasuk Pemerintah Pusat.

“Terkait hal tersebut diharapkan wakil rakyat Sulut di DPR RI dapat berperan lebih jauh, apalagi diketahui Ketua IX DPR RI, Felly E Runtuwene, berasal dari daerah pemilihan Sulut,” ujar Taufik.

“Felly E Runtuwene diharapkan bisa berkontribusi lebih besar lagi terkait masalah yang dihadapi dunia kesehatan Sulut yang tengah menghadapi pandemi Covid-19 ini,” tegasnya.

Benny Tenda, Kader Partai Nasdem melihat kinerja Felly Runtuwene sudah cukup baik. Hanya saja masih belum fokus dalam menangani covid-19.

“Sebagai Ketua Komisi IX yang membidangi kesehatan, saya harapkan dia (Felly Runtuwene) dapat fokus dan serius bekerja untuk rakyat,” ungkapnya.

Terlebih menghadapi new normal ke depannya, Benny meminta ada solusi yang tepat dari Felly Runtuwene kepada masyarakat yang membutuhkan kepedulian pemerintah. “Bila diseriusi, saya rasa masyarakat akan terbantu dengan solusi-solusi yang dilakukannya,” imbuhnya mengakhiri. (RTG)