Kejutan, Ketua DPR AS Dipecat

Kevin McCarthy dipecat dari jabatannya sebagai Ketua DPR AS.
banner 120x600

Exposenews.id, JAKARTA – Kejutan datang dari DPR Amerika Serikat (AS).Di mana Ketua DPR AS Kevin McCarthy dipecat dari jabatannya setelah Kongres berhasil mencegah penutupan pemerintahan atau government shutdown.

Hal sebagai tanda untuk pertama kalinya dalam sejarah di mana DPR mencopot pemimpinnya. Delapan anggota Partai Republik dan 208 anggota Partai Demokrat memilih untuk memecat McCarthy.

“Saya memperjuangkan apa yang saya yakini,” kata McCarthy seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/10/2023).

“Saya yakin saya bisa terus berjuang, tapi mungkin dengan cara yang berbeda,” sambungnya.

DPR kemungkinan tidak memiliki pemimpin dalam waktu sepekan. Sebab, beberapa anggota Partai Republik mengatakan bahwa mereka berencana bertemu pada 10 Oktober untuk membahas kemungkinan pengganti McCarthy, dengan pemungutan suara untuk memilih ketua baru yang direncanakan pada 11 Oktober.

Penggulingan McCarthy dilakukan oleh Matt Gaetz seorang anggota Partai Republik dari Florida dan tokoh antagonis McCarthy yang akhirnya memilih mengandalkan suara Demokrat untuk membantu meloloskan rancangan undang-undang guna menghindari penutupan pemerintah.

“Kevin McCarthy adalah makhluk rawa. Dia naik ke tampuk kekuasaan dengan mengumpulkan uang berbunga khusus dan mendistribusikan kembali uang itu sebagai imbalan atas bantuan. Kita sedang mengatasi demam ini sekarang,” kata Gaetz.

(RTG)