Berfungsi Sebagai Pusat Informasi Pilkada, Media Center Bawaslu Sulut Diresmikan

banner 120x600
Supriyadi Pangellu, Kordiv Hukum, Humas, Informasi dan Data Bawaslu Sulut. Swingly Manderes. 

Oleh: Swingly Manderes

Exposenews.id, Manado – Semakin dekatnya perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sulawesi Utara, membuat informasi terkait tahapan-tahapan Pilkada menjadi sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Menyadari hal tersebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut meluncurkan Media Center, Call Center, dan SMS Gate Away Bawaslu Sulut, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi ataupun memberikan aduan terhadap temuan pelanggaran pemilu secara langsung.

Supriyadi Pangellu, Kordiv Hukum, Humas, Informasi dan Data Bawaslu Sulut menyebutkan masyarakat dapat memperoleh informasi atau juga memberikan aduan terkait temuan pelanggaran pemilu melalui layanan Call Center yang disediakan oleh Bawaslu. “Harapan kami call center ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam memperoleh informasi, membagikan informasi, termasuk juga memberikan informasi terkait dugaan pelanggaran dan potensi pelanggaran yang ada,” ujar Supriyadi, hari ini.

Dikatakan Supriyadi, call center ini nantinya akan menginformasikan banyak hal seperti tahapan-tahapan pilkada hingga bagaimana memutus mata rantai penyebaran covid-19 di saat Pilkada. “Ada banyak pesan-pesan nanti, seperti bagaimana memutus mata rantai penyebaran covid-19 saat Pilkada, tahapan Pilkada, juga tentunya mengajak masyarakat dalam pengawasan partisipatif terkait penyelenggaraan Pilkada,” jelas dia.

Call center ini akan beroprasi selama jam kerja, yaitu dimulai jam 08.00 hingga pukul 16.00 WITA.

Staf Ahli Gubernur Sulut, Ferry Sangian. Istimewa.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyambut baik peresmian Media Center, Call Center dan SMS Gate Away Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara oleh Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar di Kantor Bawaslu Sulut, pagi tadi.

“Kiranya Media Center, Call Center dan SMS Gate Away yang diresmikan hari ini akan semakin mengoptimalkan peran Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara dalam proses penyelenggaraan Pemilihan Umum di daerah ini, khususnya penyelengaraan Pilkada Serentak 09 Desember 2020 nanti,” kata Gubernur Olly dalam sambutan yang diwakili Fery Jones Sangian, Staf Ahli Gubernur Sulut.

Media Center, Call Center dan SMS Gate Away Bawaslu Sulut ini, diharapkan mampu menjadi pusat informasi dan komunikasi pengawas Pemilu dengan masyarakat secara luas.

“Pusat layanan ini harus mampu menjadi media penyambung pengawas dengan masyarakat agar supaya selalu terjalin rasa keakraban dan kebersamaan dalam mengawal dan menyukseskan proses Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Sulawesi Utara,” kata Sangian.

Dijelaskan, seiring dengan ditetapkannya pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada tanggal 9 Desember, maka tentunya kesiapan Penyelenggara Pilkada bersama segenap instansi dan unsur terkait di dalamnya dituntut ekstra kerja keras. Sehingga pemantapan-pemantapan harus dilakukan dalam persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

“Kita terus bersinergi untuk pelaksanaan Pilkada Serentak di tengah pandemi Covid-19. Mari kita sukseskan bersama Pilkada Serentak 09 Desember 2020. Kita pastikan Pilkada Serentak di Sulawesi Utara, aman Covid-19, berlangsung Iancar, damai dan demokratis,” tutup Sangian.

Hadir dalam peresmian tersebut, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Komisioner Bawaslu Sulut dan jajaran, Komisi I DPRD Sulut Vonny Paat, Sekot Manado Mickler Lakat, perwakilan unsur Forkopimda, Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Victor Jefri Lasut dan komisioner Bawaslu Kabupaten dan Kota serta sejumlah undangan. (SM/RTG)